Sabtu, 17 Februari 2018

Saat Kita yang Harus Mengerti Orang Tua Kita




Orang tua adalah dua orang yang kita sayangi, seharusnya yang paling mengerti kita dan paham bagaimana keadaan kita, tapi pada kenyataannya tidak semua orang tua bisa begitu. tidak semua orang tua dapat memahami semua keinginan kita atau tepatnya tidak semua keinginan kita dapat dipahaminya dan ketika itu terjadi saat itulah kita harus memahaminya. Meskipun hati kita memberontak megatakan bahwa kali ini mereka harus mengerti kita. Meskipun hati kita kadang pilu untuk menerima kenyataan itu, mereka sulit sekali searah dengan kita.


Hadapi, dan berjuagnlah untuk tidak lagi menyakiti mereka dengan kata-kata kasar yang keluar dari mulut kita yang sembarangan karena kita harus memahaminya, mereka juga manusia biasa yang tidak pernah luput dari sifat biasa, salah, khilaf dan marah, namun mereka sebenarnya tetap menyayangi kita. Agama kita pun sangat menyuruh kita untuk berlaku baik dan lemah lembut kepada kedua orang tua, bahkan di dalam Alquran, Allah melarang kita walau untuk mengatakan "Ah" bagi keduanya.

Sabar! Jalani itu dengan ikhlas. Seseorang pernah mengatakan kepadaku, tiap orang yang kita temui itu berbeda-beda, jika dia baik kita bisa merasakan hikmah kebaikannya yang menyenangkan kita, tapi jika dia sebaliknya kepada kita kita bisa memupuk kesabaran bertemu dengan orang tersebut,  dan mengintropeksi diri untuk menjadi yang terbaik. Mereka (Orang Tua) adalah orang yang paling baik yang kebaikannya tidak akan pernah bisa kita gantikan, melainkan surga sebagai hadiahnya.

 Jika terluka, tetaplah menghormatinya, berlarilah kepada Tuhanmu untuk meminta petunjuknya, SesungguhNya Allah itu tempat sebaik-sebaiknya memberikan petunjuk. Teruslah menjadi baik da lebih baik karena sesuatu yang akan indah pada akhirnya itu tidak pernah berjalan dengan mudah pada awalnya.

Semoga Allah selalu menjadikan kita menjadi anak-anak penyejuk hati dan membahagiakan kedua orang tua kita dunia akhirat. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tahun Baru Hijrah

Pagi masih begitu buta, matahari baru saja bersiap untuk menyonsonng hari baru di tahun baru, masih dalam suasana Muharram. Bulan Hijrah ya...